Tautan

Data Kunjungan

651625
Hari iniHari ini3
Minggu iniMinggu ini413
Bulan iniBulan ini947
TotalTotal651625

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN BILANGAN BERPANGKAT DENGAN METODE PENEMUAN TERBIMBING SISWA KELAS IX-2 SEMESTER GENAP DI SMP NEGERI 80 JAKARTA TAHUN PELAJARAN 2011/2012.

ABSTRAK

ENDRI BAGIYANTI,  Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Pokok  Bahasan Bilangan Berpangkat Dengan Metode Penemuan Terbimbing Siswa Kelas IX-2 Semester Genap di SMP Negeri 80 Jakarta Tahun Pelajaran 2011/2012.

            Penelitian ini dilakukan dengan bertitik tolak dari permasalahan yang dialami penulis pada saat pembelajaran, yaitu bahwa hasil belajar Matematika pada pokok bahasan bilangan berpangkat tidak maksimal. Metode pembelajaran yang dipilih penulis adalah Metode Penemuan Terbimbing, yang menekankan proses dimana siswa didorong untuk aktif menemukan sendiri pengetahuannya melalui bimbingan guru.

Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang berusaha mengkaji dan merefleksikan suatu model pembelajaran dengan tujuan meningkatkan kualitas suatu pembelajaran baik proses maupun hasil belajar.

            Penelitian ini terdiri atas dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, analisis dan refleksi. Instrumen yang dipergunakan adalah instrument pembelajaran dan instrumen pengumpul data. Instrumen pembelajaran berupa RPP, Bahan Ajar dan LKS, sedangkan instrumen pengumpul data berupa instrumen tes dan instrumen non tes yang berupa angket dan lembar observasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas IX-2 SMP Negeri 80 Jakarta semester genap tahun pelajaran 2011/2012 setelah siswa memperoleh pembelajaran dengan menggunakan metode penemuan terbimbing.

 Setelah mengikuti proses pembelajaran Matematika dengan menggunakan Metode Penemuan Terbimbing, hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar. Hal ini ditunjukkan dengan hasil belajar yang semakin meningkat setiap siklusnya.  Demikian pula dengan aktivitas maupun semangat siswa dalam proses pembelajaran yang terus meningkat. Siswa sangat antusias belajar. Aktifitas ini terlihat dari pengamatan pada saat diskusi kelompok berlangsung, hampir semua siswa berani bertanya maupun berpendapat. Hal ini berdampak pada saat presentasi, siswa yang semula malas presentasi, menjadi bersemangat untuk bisa menunjukkan hasil pekerjaannya. Siswa yang semula tidak menyukai matematika dan sulit berkonsentrasi, menjadi bergairah dan mulai menyukai pelajaran matematika. Hal ini mengindikasikan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan metode penemuan terbimbing dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa.

(Telah dipublikasikan di Jurnal Wahana Pendidikan Edisi Khusus I tahun 2012)

 

 

 

PENDEKATAN OPEN-ENDED DAPAT MENINGKATKAN KREATIVITAS MATEMATIKA PADA MATERI GARIS DAN SUDUT KELAS VII-3 Di SMP NEGERI 80 JAKARTA SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2011-2012

 

Sri Wahyuni

SMP Negeri 80 Jakarta

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kreativitas Matematika siswa kelas VII-3 SMP Negeri 80 Jakarta semester genap tahun pelajaran 2011-2012 setelah mendapatkan pembelajaran dengan pendekatan Open-Ended, dan aktivitas siswa selama proses  pembelajaran.

Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yang berusaha mengkaji dan merefleksi suatu model pembelajaran dengan tujuan meningkatkan kualitas (baik proses maupun produk) suatu pembelajaran.

Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kreativitas Matematika dan keaktifan siswa kelas VII-3 SMP Negeri 80 Jakarta. hal ini dapat dilihat dari hasil tes kreativitas Matematika yang menunjukkan peningkatan yang signifikan antar siklus. Aktivitas siswa juga meningkat dari siklus 1 sampai siklus 2. Hal ini terlihat dari aktivitas mereka yang berani bertanya atau mengemukakan pendapat, siswa  juga terdorong untuk berfikir divergen dalam mengikuti pembelajaran dengan pendekatan Open-Ended. Siswa yang semula bercanda, lambat laun berubah menjadi konsentrasi, karena mereka merasa senang terhadap pendekatan pembelajaran Open-Ended ini. Hal ini mengindikasikan bahwa pendekatan pembelajaran Open-Ended dapat meningkatkan aktivitas siswa pada prosesbelajar mengajar.

Kata kunci: Pendekatan Open-Ended, Kreativitas Matematika.

Telah diseminarkan pada "Seminar Nasional PascaSarjana PEP UNJ 2014"

Info: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.