Tautan

Data Kunjungan

638777
Hari iniHari ini10
Minggu iniMinggu ini189
Bulan iniBulan ini1645
TotalTotal638777

ABSTRAK

YESSY HARYANI. Meningkatkan Aktivitas Belajar IPA melalui Pendekatan Cooperative Tehnik Think-Pair-Square pada Siswa Kelas IX SMPN 80 Jakarta. Laporan Penelitian Tindakan kelas. Jakarta: kerjasama MGMP IPA Jakarta Timur dengan Lembaga Penelitian UNJ, 2009

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas IX SMP Negeri 80 Jakarta melalui pendekatan cooperative learning dengan tehnik think-pair-square. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan hasil penelitian dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan tehnik persentase. Penelitian tindakan kelas ini melalui dua siklus dan setiap siklusnya  melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.

Peneliti mendeskripsikan data melalui hasil pengamatan teman sejawat, penilaian siswa terhadap proses pembelajaran, hasil wawancara teman sejawat dan penilaian hasil diskusi kelompok. Indikator keberhasilan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah meningkatnya aktivitas belajar siswa, terbentuknya kelompok belajar yang menyenangkan, terjadinya interaksi antara siswa dengan siswa serta siswa dengan guru, dan meningkatnya pemahaman siswa terhadap konsep-konsep IPA.

Indikator keberhasilan dari hasil proses pembelajaran pada siklus satu belum sepenuhnya tercapai. Pada siklus kedua  dilakukan beberapa perbaikan dan didapatkan peningkatan aktivitas belajar siswa dari rata-rata skor 61,98% menjadi 67%. Melalui skor kuesioner didapatkan peningkatan siswa yang menilai dirinya memiliki aktivitas tinggi dalam proses pembelajaran yaitu dari 36,11% menjadi 40%. Peningkatan pemahaman siswa terhadap konsep pembelajaran IPA yaitu dari rata-rata nilai 71 menjadi 74.

Dari hasil penelitian maka diperoleh kesimpulkan sebagai berikut: pembelajaran dengan melalui pendekatan kooperative tehnik think-pair-square dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, dapat terbentuknya kelompok belajar yang menyenangkan, terjadinya interaksi antara siswa dengan siswa dan siswa dengan guru dan meningkatnya pemahaman siswa terhadap konsep-konsep IPA.

Kata Kunci : Aktivitas Belajar, Cooperatif, Think-Pair-Square.